Agar ATM Anda Tetap Aman

Bank Indonesia menyakinkan transaksi melalui kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tetap aman. Saat melakukan transaksi perbankan khususnya di mesin ATM dan EDC, masyarakat diminta agar lebih berhati-hati.

Dalam keterangan tertulis di situsnya, Bank Indonesia menyarankan agar masyarakat lebih waspada melakukan transaksi perbankan, khususnya saat mengunakan mesin ATM.

Nasabah diimbau agar meneliti dan memperhatikan kondisi mesin ATM maupun Electronic Data Capture (EDC). Sebelum transaksi, pastikan tidak terdapat alat tambahan lain pada mesin. Bila mendapati tambahan alat yang mencurigakan, sebaiknya segera melaporkan kepada bank bersangkutan.

Ada beberapa kiat untuk menghindari praktik ilegal atas kartu ATM oleh pihak-pihak yang tidak berhak. Pertama, pemilik ATM dianjurkan mengganti nomor PIN secara rutin. Kedua, ketika melakukan transaksi sebaiknya menutupi angka-angka PIN. Alternatif ketiga yang dapat digunakan adalah memasukkan kembali kartu ATM setelah transaksi dan memasukkan nomor PIN yang salah untuk mengecoh dan selanjutnya pemilik dapat membatalkan transaksi.

hadi.suprapto@vivanews.com

0 komentar:

Posting Komentar